Kamis, 15 April 2010

PI Bab 1

BAB I
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang Masalah
Pada masa sekarang, inflasi keuangan sangat tidak berimbang karena permintaan terhadap uang tersebut menurun serta permintaan untuk barang-barang lain naik sehingga banyak persaingan yang ketat dalam hal penjualan. Banyak toko yang menyediakan potongan harga besar-besaran agar memikat hati konsumen. Begitupun dengan produsen yang sekarang membatasi barang produksinya agar tidak rugi.

Demikian juga dengan produsen batik di Indonesia, walaupun sekarang batik sudah dikenal sebagai warisan budaya Indonesia oleh dunia. Tetapi, masih banyak kendala dalam pengenalan seluruh jenis batik yang ada di Indonesia. Bahkan, banyak warga Indonesia yang tidak mengenal warisan budaya leluhur sendiri. Kebanyakan orang menganggap batik adalah kuno, dan tidak mau melestarikannya.

Ada banyak jenis batik di Indonesia, salah satunya batik Trusmi. Banyak yang tidak mengetahui bagaimana bentuk dan motif batik Trusmi. Sehingga terjadi penurunan produksi dari daerah asalnya yaitu Cirebon. Dan jarang sekali ada gerai penjualan batik yang memasukkan pruduk batik Trusmi.

Tempat penjualan yang tidak tersebar di seluruh Indonesia pun menjadi kendala dalam pemasaran produk. Walaupun terkenal di daerah asalnya, tetapi belum tentu bagi daerah lain. Masyarakat setempat maupun masyarakat luas belum banyak mengetahui informasi mengenai batik Trusmi. Tidak seperti batik dari daerah Yogyakarta, Solo, Pekalongan yang sering sekali terdengar. Kebanyakan batik Trusmi hanya dikenal oleh warga dari daerah Cirebon dan collector batik yang pasti tahu keberadaan jenis-jenis batik di Indonesia termasuk batik Trusmi.

Persaingan ketat juga menindas industri rumahan (home industry) yang menjadi cikal bakal produksi batik Trusmi. Mahalnya harga untuk membangun sebuah gerai pun menjadi kendala terbesar dalam hal pemasaran produk di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya dan lain-lain. Selain itu, Tempat produksi yang banyak tidak diketahui oleh banyak orang membuat nama daerah Trusmi jarang diketahui oleh orang awam.

Untuk itu, diperlukan cara untuk mengatasi masalah yang dialami dalam hal pengenalan dan pemasaran batik Trusmi agar seluruh warga Indonesia mengenal salah satu warisan budaya bangsanya dan mempermudah bagi seseorang yang ingin memiliki batik Trusmi.

1.2 Batasan Masalah
Dari banyaknya masalah yang dihadapi, maka penulisan ini dibatasi dengan menyampaikan beberapa informasi tentang sejarah dan beberapa jenis motif batik Trusmi serta arti motif dari batik tersebut.

Penulisan ini membahas tentang pemasaran produk dan pembayaran yang dilakukan hanya melalui transfer rekening yang telah ditentukan beserta fasilitas lain seperti nomor telepon dan email untuk konfirmasi pemesanan selanjutnya yang akan dicantumkan di informasi tersebut.

1.3 Tujuan Penulisan
Tujuan penulisan yang adalah membuat suatu aplikasi web sebagai sarana informasi bagi konsumen mengenai pemasaran dan penjualan batik Trusmi agar memudahkan bagi kosumen tersebut untuk mendapatkan batik Trusmi yang diinginkan dan mendapatkan informasi sebagai pengetahuan tambahan mengenai batik Trusmi tanpa harus datang ke tempat produksi.

1.4 Metode Penelitian
Metode penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ilmiah ini adalah metode gabungan, yaitu :
1. Studi pustaka
Melakukan penelitian untuk memperoleh informasi data dan teori-teori tentang pemasaran dan aplikasi software yang digunakan dari buku, makalah serta situs-situs internet yang berhubungan dengan pembuatan aplikasi web.
2. Observasi
Melakukan peninjauasn langsung ke daerah lokasi batik Trusmi berasal guna mengumpulkan data dalam bentuk dokumentasi database dan foto-foto barang yang terkait dalam permasalahan yang dihadapi.
3. Intereview
Melakukan wawancara untuk mencari tahu tentang sejarah dan jenis-jenis batik Trusmi langsung dari salah satu pengrajin batik Trusmi dan observasi dengan mendatangi daerah penghasil batik tersebut.
4. Implementasi aplikasi web yang akan dibuat dengan menggunakan OS Windows 7 Home Basic, XAMPP 1.7.3 dan Mozilla Firefox 3.5.8 untuk softwarenya sedangkan untuk hardware-nya penulis menggunakan Processor Intel® Core TM 2 Duo CPU T6600 @ 2.20 Ghz dan RAM 2.00 GB.

1.5 Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan yang disusun penulis dalam Penulisan Ilmiah ini sekaligus untuk memperoleh gambaran mengenai pembahasan dan keterhubungan dalam tiap-tiap bab terdiri atas :
Bab I : Pendahuluan, bab ini berisi tentang latar belakang masalah yang mendasari penulisan, batasan masalah penulisan, tujuan penulisan, metode penelitian, dan sistematika penulisan.
Bab II : Landasan Teori, pada bab II ini akan dibahas tentang teori-teori yang berhubungan serta mendukung dalam pembuatan aplikasi web dan penyusunan karya ilmiah.
Bab III : Pembahasan, dalam bab ini berisi tentang pembahasan mengenai tujuan, struktur organisasi, serta sistem penujalan pada objek penelitian dan menjelaskan tentang konsep, rancangan desain dan struktur program dari aplikasi web e-commerce
serta hasilnya.
Bab IV : Penutup, bab terakhir ini berisikan tentang penutup yang mengarah pada pemberian kesimpulan dari semua bahasan dalam penelitian ilmiah ini dan saran sehubungan dengan penulisan ini.






[ ... ]