Senin, 04 Januari 2010

Pembuktian Teknologi Masa Kini Dalam Film Avatar


AVATAR...
Sebuah nama yang sudah tidak asing lagi didengar, siapapun tahu akan hal itu. Mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Avatar adalah sebuah judul film Hollywood yang sedang membuming di beberapa negara, termasuk Indonesia.

Maka dari itu, saya pun tertarik untuk melihat langsung sebaik apa film tersebut. Dan hasilnya sangat memuaskan, tidak ada henti-hentinya saya berdecak kagum kepada sang pembuat film yang begitu hebat ini. Dengan alur cerita sangat detail, hasil yang bagus sangatlah pantas film ini untuk ditonton. Apalagi setelah saya menonton dengan format 3D yang benar-benar seperti nyata dan semakin hidup.

Sebenarnya film dari besutan karya sutradara terkenal James Cameron ini sudah dipersiapkan sejak 15 tahun yang lalu. Sutradara yang juga sukses membuat Titanic, Aliens, The Abyss, Terminator 1 dan Terminator 2 ini perlu waktu yang sangat lama untuk merealisasikan karya ini menjadi karya yang sangat penuh dengan sains dan teknologi.

Film yang masih menempati posisi blockbuster atau film terlaris ini patut untuk diancungi jempol, karena menggunakan teknologi 3D yang paling mutakhir di jaman ini. Film yang diproduksi oleh LightStrom Entertainment, yang menggunakan teknologi CGI (Computer-Generated Imagery) hasil kerja sama dengan Weta Digital asal Selandia Baru.
Dengan pengambilan gambarnya yang menggunakan sistem kamera fusion 3D, serta memberikan sentuhan resolusi film 3D high-resolution dari Los Angles Studio, yang kemudian harus diterjemahkan ke dalam komponen film. File-file inilah yang kemudian di simpan di storage oleh di Isilon IQ. Dengan menggunakan memori dalam kapasitas besar yang menghasilkan puluhan terabyte data dalam berbagai format, termasuk file digital yang besar dan file metadata instruksional.

Dibalik hebatnya film ini, juga tersimpan teknologi yang sangat maju, dimana sang sutradara pun memanfaatkannya dengan baik. Dan didukung oleh para aktor yang profesional mampu menghasilkan film dengan kemajuan teknologi tinggi di jaman ini. Dan seharusnya para Sineas tanah air pun harus terus berpacu semangat untuk lebih menghasilkan karya-karya yang lebih baik dan patut untuk ditonton dengan memanfaatkan teknologi yang sudah ada pada saat ini.

Kalau bangsa lain saja bisa untuk menciptakan hal tersebut, kenapa bangsa kita tidak?
Marilah, para creator di negeri tercinta ini kembangkan semua pemikiran kalian agar melahirkan karya yang dahsyat.

sumber informasi tulisan :

* Koran Republika senin, 4 Januari 2010
* Dari website. Klik di sini dan di sini



1 comments:

A r Y @ N i mengatakan...

great movie!!!!!!

Posting Komentar

thanks for comment of this!!!