Selasa, 24 November 2009

Peranan IT dalam dunia hukum

Sesuai judul, saya akan mengungkapkan pendapat tentang peranan Information Technology dalam dunia hukum..
IT memang penting dalam perkembangan jaman sekarang bukan hanya dalam dunia hukum tapi, dalam berbagai aspek kehidupan. Dalam dunia hukum, IT sangat diperlukan dalam berbagai kebutuhan dan dipakai oleh berbagai instansi hukum. Misalnya dalam Badan Intelegensi Negara. Kita tahu bahwa lembaga tersebut adalah lembaga rahasia negara, dimana semua koneksi negara bisa ditinjau oleh lembaga tersebut. Sebenarnya saya belum mengetahui benar apa saja yang ada di dalam lembaga tersebut. Tapi bisa kita lihat persamaannya seperti lembaga yang terkenal di dunia seperti FBI dan CIA.
Semua masalah tentang kejahatan di dunia bisa dibantu oleh FBI karena adanya IT. Tanpa IT, kemungkinan hal tersebut bisa terjadi.
Dan saya juga pernah menonton film tentang lembaga mata-mata rahasia negara yang bahkan penduduk di negara tersebut tidak tahu tentang lembaga ini. Setelah menonton film ini, saya berfikir tentang peranan IT dalam dunia hukum. Dan itu sangat berguna, dimana para Spy tersebut saling terkoneksi satu sama lain dengan menggunakan teknologi yang maju seperti GPS yang bisa langsung tersambung dari satelit. Bisa juga mendeteksi keberadaan para buronan yang sedang di cari. Dan di film itu, menunjukkan adanya sisi positif, bagaimana cara mengungkapkan tentang penghentian teroris seperti dengan cara penyamaran.
Penyadapan pun kadang dilakukan oleh semua badan instansi hukum, jika itu dirasa perlu. Memang terdengar seperti mengganggu privasi. Tapi, itu sangat berguna untuk barang bukti. Penyadapan pun bisa menjadikan suatu pintu otomatis untuk mencari keberadaan seseorang. Apa yang direncanakan dan dilakukan pelaku.
Jadi, IT sangat penting peranannya dalam hidup ini. Apalagi di jaman yang modern seperti ini. Dunia semakin berkembang semakin cepat, teknologi semakin maju.
Alangkah lebih baiknya jika lembaga hukum di negara kita bisa menjadi lebih baik.


0 comments:

Posting Komentar

thanks for comment of this!!!